Selasa, 15 November 2011

Langkah Sederhana Merancang Keuangan Keluarga

Langkah Sederhana Merancang Keuangan Keluarga

1. Tagihan Bulanan. Kumpulkan semua tagihan tiga bulanan Kamu, lalu tambahkan seluruhnya, kemudian pecah tiga untuk memperoleh rata-ratanya tagihan bulanannya, seperti tagihan telpon, ongkos sekolah, asuransi dan sebagainya.

2. Pengeluaran Bulanan. Kumpulkan juga semua pengeluaran tiga bulanan Kamu, lalu tambahkan kemudian pecah tiga, untuk memperoleh rata-rata jumlah keseluruhan pengeluaran Kamu tiap bulan, seperti belanja baju, mentraktir keluarga makan di rumah makan dan sebagainya.

3. Pemeriksaan Permulaan. Evaluasilah pengeluaran Kamu itu. Temukan kesempatan untuk berhemat serta potong bagian-bagian pengeluaran yang tidak butuh.

4. Penyusunan Rancangan Anggaran. Rencanakan Anggaran bulanan dan ujilah untuk menaatinya dan mulailah menempatkan uang tabungan seperti simpanan, sertifikat deposito, asuransi pensiun.

5. Pemeriksaan Penerapan Anggaran. Jelajahi pemasukan (income) dan pembelanjaan bulanan (monthly expense) untuk mengevaluasi bagaimana rancangan Kamu telah berjalan, maka menyempurnakan untuk menciptakan hasil yang diinginkan. Pakailah perangkat lunak keuangan untuk mendapatkan hasil pengelolaan yang tepat serta menemukan ‘ kekurangan perilaku ’ Kamu dalam membelanjakan keuangan keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar